Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Lansia

Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium – Seiring bertambahnya usia, semakin banyak masalah kesehatan yang muncul, salah satunya adalah masalah tulang. Di antara orang tua, kasus yang paling umum adalah Osteoporosis.

Tahukah kamu, Osteoporosis adalah suatu kondisi penurunan kepadatan tulang. Hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Pasien tidak akan merasakan gejala apapun sampai kecelakaan seperti terpeleset atau jatuh yang menyebabkan patah tulang.

Osteoporosis disebabkan oleh penurunan kemampuan tubuh untuk meregenerasi tulang. Hal ini berpengaruh pada penurunan kepadatan tulang. Penyakit tulang ini, harus ditangani dengan segera. Mengonsumsi susu tinggi kalsium adalah salah satu solusinya. Mengapa perlu konsumsi susu tinggi kalsium? Berikut penjelasannya!

Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Orang Dewasa

Berkurangnya jumlah vitamin D dan kalsium yang dialami oleh orang dewasa dan lansia adalah salah satu penyebabnya. Kita bisa dapatkan nutrisi tulang ini dengan mengonsumsi susu tinggi kalsium.

Agar kita semakin care dengan kesehatan tubuh, yuk pahami nutrisi vitamin D dan kalsium untuk tubuh.

Manfaat Vitamin D untuk Tubuh

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Artinya vitamin D dapat disimpan dalam tubuh dalam waktu yang lama. Ada dua jenis utama vitamin D, Vitamin D2 (ergocalciferol) dari tumbuhan, dan vitamin D3 (cholecalciferol) dari sumber hewani dan sinar matahari.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Tubuh Anda membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Mineral kalsium adalah nutrisi utama yang membentuk tulang, membuat tulang kuat dan mengurangi risiko patah tulang.

Tanpa vitamin D yang cukup, seseorang tidak dapat membentuk hormon kalsitriol yang cukup untuk menyerap kalsium dari makanan.

  • Memperkuat Masa Otot

Selain memperkuat tulang, vitamin D juga mempengaruhi kekuatan otot. Otot tubuh yang kekurangan vitamin D, sebabkan tubuh yang lebih lemah. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan jatuh, terutama seiring bertambahnya usia.

  • Mengurangi Risiko Diabetes

Vitamin D membantu memproduksi hormon insulin dalam tubuh. Insulin berperan dalam mengatur kadar gula darah, yang dapat menurunkan risiko diabetes.

  • Mengoptimalkan kekebalan, serta kesehatan otak dan sistem saraf

Vitamin D mendukung kerja sel darah putih melawan patogen dan mengurangi peradangan, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespons kekebalan.

  • Dapat Meremajakan Kulit

Vitamin D akan membantu meremajakan sel-sel kulit tubuh Anda dan membuat kulit Anda terlihat segar dan sehat. Jenis vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin D2 dan D3 yang berperan penting dalam mencegah penyakit seperti psoriasis.

Gejala Kekurangan vitamin D

Seperti kekurangan vitamin lainnya, kekurangan vitamin D meningkatkan risiko kerusakan kesehatan. Kekurangan vitamin D sulit dideteksi karena tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Agar tidak memperburuk keadaan, harap waspadai tanda-tanda kekurangan vitamin D berikut ini:

  1. Mudah lelah
  2. Sakit tulang dan otot
  3. Penyembuhan luka lebih lama
  4. Mudah sakit
  5. Kelainan rangka
  6. Perubahan suasana hati

Sumber Vitamin D

Vitamin D dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti sinar matahari, makanan, dan mengonsumsi susu tinggi kalsium. Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, vitamin D mudah didapat di bawah sinar matahari pagi minimal 3 kali seminggu selama 15 hingga 20 menit sehari.

Guna memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin D berikut ini:

  1. minyak ikan
  2. Kuning telur
  3. daging merah
  4. Jantung
  5. Keju dan susu tinggi kalsium
  6. Jamur
  7. Salmon, tuna, sarden
  8. buah jeruk

Manfaat dan Takaran Kalsium untuk Tubuh

Kalsium merupakan mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Kalsium dapat diperoleh dari berbagai makanan, seperti susu dan produk olahannya, sayuran hijau, sarden, dan salmon.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk mineral ini, tergantung pada usia dan jenis kelamin.  Berdasarkan Permenkes 2019, berikut angka kecukupan kalsium harian.

  1. Bayi dari 0 – 5 bulan: 200 mg
  2. Bayi 6 – 11 bulan: 270 mg
  3. Anak-anak 1-3 tahun: 650 mg
  4. Anak-anak berusia 4-9 tahun: 1.000 mg
  5. Anak laki-laki berusia 10 – 18 tahun: 1.200 mg
  6. Anak laki-laki 19 – 49 tahun: 1.000 mg
  7. Wanita berusia 10 – 18 tahun: 1.200 mg
  8. Wanita 19 – 49 tahun: 1.000 mg
  9. 50 tahun ke atas: 1.200 mg

Selain makanan dan minuman yang tinggi kalsium, suplemen kalsium juga dapat digunakan untuk mengobati dan mengurangi risiko kekurangan kalsium. Meski begitu, konsumsi suplemen kalsium perlu mendapat perhatian, karena jika dikonsumsi dengan jenis obat tertentu dapat menyebabkan interaksi obat.

Hindari mengonsumsi kalsium melebihi dosis yang dianjurkan, karena kalsium yang berlebihan juga dapat merugikan kesehatan Anda. Sebelum mengonsumsi suplemen kalsium atau suplemen apapun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan dosis dan penggunaan yang sesuai untuk kesehatan Anda.

Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium : Ensure

Ingin tahu mengapa jaminan adalah pilihan yang tepat untuk membantu Anda tetap sehat? Simak alasan berikut ini!

Susu Ensure untuk Lansia : Manfaat, Kandungan, Jenis, Aturan Minum dan Harga

  • Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium : Alasan Pilih Susu Ensure

Susu Ensure mengandung berbagai bahan berkualitas tinggi, seperti triple protein (kombinasi whey, kasein dan protein kedelai). Selain itu, juga mengandung nutrisi omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, sumber vitamin D, kandungan kalsium tinggi, dan kandungan laktosa rendah.

Kandungan tersebut tentunya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian para lansia. Dengan terpenuhinya asupan zat gizi harian, kekuatan fisik, daya tahan dan energi aktivitas tetap terjaga.

Kandungan kalsium dan serat yang tinggi serta laktosa yang rendah, membuat susu ensure dapat dicerna dengan aman jika dikonsumsi secara teratur.

  • Aturan Minum / Takaran Harian Konsumsi Susu Ensure 

Dalam hal minum susu, tidak ada aturan berapa banyak orang tua harus minum.

Selama kebutuhan kalsium bisa terpenuhi, tidak perlu sering-sering minum susu. Karena pada kenyataannya, pada susu jenis apapun, kandungan gula dan lemak biasanya sangat tinggi. Bijaklah dalam konsumsi nutrisi tambahan ini agar tidak menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Susu Ensure paling baik disimpan pada suhu kamar, jauh dari cahaya langsung dan tempat lembab. Jangan simpan di kamar mandi, dan hindari menyimpan susu bubuk di lemari es.

  • Waktu Terbaik Konsumsi Susu

Susu dapat diminum kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan. Selain itu, baik diminum pagi atau malam hari, manfaat susu tidak akan hilang. Tidak ada waktu khusus terbaik untuk minum susu. Kapan Anda bisa minum susu, itu tergantung pada kenyamanan dan kebiasaan Anda.

  • Saran Penyajian 
  1. Siapkan segelas air hingga 236,5 ml, lalu tuangkan 3/4 gelas air dingin ke dalam gelas
  2. Tambahkan 1/2 cangkir susu bubuk dan aduk hingga larut dalam air
  3. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan 3 sendok makan sirup cokelat, sirup stroberi, dll.

Susu ensure merupakan rekomendasi susu tinggi kalsium yang aman untuk dikonsumsi harian. Kaya manfaat, harga bersahabat.

Minumlah susu sesuai kebutuhan. Jika Anda memiliki penyakit tertentu, seperti alergi susu atau intoleransi laktosa, silakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sampai jumpa, terimakasih. Salam Binjay dari Digitek.my.id

About admin